Selamat Datang di Koharudin Blog's ...
Berbagi Ilmu Yang Bermanfaat itu Indah dan Berpahala

Pengunjung Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 08 Februari 2014

MENGHILANGKAN KARANG GIGI

 
Screenshot Karang Gigi dan Obatnya (Soda Kue/Baking Soda)

          Pernah denger ada orang yang nyeletuk “Cakep-cakep koq mulutnya bau naga sihh… “ atau pas lihat orang tertawa eh… “Sudah Giginya kuning banyak karang giginya lagi”” !!!. Apa gak malu tuuh!!! 

          Karang Gigi (Calculus Gigi) diawali dengan proses penimbunan plak, yaitu sisa makanan yang menempel di permukaan gigi, yang lama-kelamaan mengeras menjadi karang. karang gigi timbul akibat pembentukan “garam” yang disebabkan oleh bertemunya air liur yang bersifat basa dengan sisa-sisa makanan yang bersifat asam. orang yang memiliki pH air liur yang tinggi (>7), atau bersifat basa Karang gigi paling sering timbul di daerah gigi depan bawah dan geraham atas kiri dan kanan karena area-area itu berdekatan dengan muara kelenjar air liur 

         Jangan remehkan karang di dalam mulut. Tak hanya menimbulkan bau mulut, karang gigi juga dapat mengganggu pernapasan dan pencernaan, serta menyebabkan mata cepat lelah dan leher maupun tengkuk pegal. Menurut penelitian drg. MI. Grace W. Susanto dalam bukunya Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan. Penekanan yang terus-menerus akibat semakin bertumpuknya karang gigi pada jaringan lunak gusi di sekitar leher gigi juga akan mengakibatkan iritasi dan peradangan. Jika berlangsung lama, maka akan mengakibatkan pembusukan pada jaringan tersebut dan menimbulkan jaringan rusak (granulasi). 

          Iritasi karang gigi dapat menyebabkan efek kesehatan, tak hanya terhadap gigi, tetapi juga bagian tubuh yang lain. Iritasi karang gigi di daerah gigi depan bawah biasanya menyebabkan napas besar, napas pendek, sedikit terasa leleah bila naik tangga, atau mudah lelah walaupun bekerja sedikit.Terkadang juga disertai dengan gejala gangguan pencernaan.

          Peradangan di area gigi depan atas bisa menimbulkan efek pada daerah mata. Jika area alis dan atas kelopak mata ditekan akan terasa sakit sehingga mata cepat lelah dan pegal. Apalagi jika Anda setiap hari beraktivitas dengan komputer. Sementara jika karang banyak dijumpai di gigi geraham atas, dapat menyebabkan pegal pada daerah leher dan tengkuk, serta pegal pada bahu bila karang pada geraham bawah.

          Namun tak perlu khawatir (bagi yang punya duit berlebih) karena karang gigi bisa dihilangkan dengan calculectomy dan curettage oleh dokter gigi. Karang gigi dan granulasi yang dapat mengganggu kesehatan sistemik bagian tubuh lain akan dibuang.   

          Lalu gimana cara manual, murah, tidak ngilu dan tanpa efek samping lainnya menghilangkan karang gigi sekaligus memutihkan gigi??? Yang anda butuhkan adalah:
1. Soda Kue (Baking Soda)  dapat dibeli di toko kue, BUKAN di toko matrial bangunan
2. Strawberry segar

Caranya :
Remas-remas strawbery dengan tangan (ingat ... jangan pake lagi menghayal) lalu campurkan dengan Soda Kue/Baking soda (takaran seperlunya saja), setelah rata lalu Oleskan dengan jari ke bagian gigi (luar dan dalam). Diamkan sekitar 5 menit. Supaya gak bosan nunggu, silahkan lihat film kartun Angry Birds dulu atau beraktifitas lain, kemudian kumur-kumur dan gosoklah dengan sikat gigi dan pasta Gigi (bukan dengan sikat WC), maka jika hal ini dilakukan rutin, dijamin karang gigi akan ambrol dengan sendirinya terutama saat menggosok gigi atau saat lagi "slilit". Jadi gak perlu berdarah-darah dan ngilu saat  ke dokter gigi untuk membuang karang gigi. 

          Selain itu ternyata Soda kue/Baking soda juga bisa untuk menghilangkan bau Ketek (oleskan ke ketek), Bau Kaki (taburkan ke sepatu), atau menghilangkan bau di kandang hewan peliharaan.  Demikian sedikit tips, semoga bisa membantu. 

separador

0 komentar:

Posting Komentar

"Dimohon berkomentar dengan santun & tidak menyinggung SARA"